Just another WordPress.com site

Allah pun cemburu?

Kita pasti tahu apa yang dimaksud dengan cemburu. Ya, cemburu memiliki arti yang hampir sama dengan iri. Cemburu yaitu perasaan tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung atau sebagainya.
Setiap insan  pasti pernah cemburu kepada sesuatu. Kepada sesama insan, barang ataupun lainnya.
Akan tetapi apakah kita semua pernah mengetahui bahwasanya Tuhan kita Allah S.W.T juga selalu cemburu kepada hamba-hambanya. Baik yang beriman kepadanya ataupun yang tidak sama sekali.
Pasti kita bertanya-tanya mengapa Allah S.W.T cemburu kapada hambanya. Apakah kita tidak menyadari berbagai hal yang sering kita perbuat dapat membuat Dia cemburu kepada kita? Tentu kita harus menyadarinya, jika tidak Dia akan melampiaskan kekesalannya kepada kita. Lalu bagaimana jika pelampiasan-Nya itu tidak hanya merugikan kita saja? Akan tapi kepada orang lain juga? Inilah yang harus kita perhatikan.
Allah S.W.T cemburu ketika ada hamba-Nya yang lebih mencintai sesuatu melebihi cintanya kepada diri-Nya. Jika kita mencintai akan sesuatu, sehingga lupa kepada-Nya, maka Dia akan sangat cemburu kepada kita. Allah S.W.T menginginkan hamba-Nya hanya tersibukkan karena-Nya, bukan karena yang lain. Kita sering terlalaikan dengan apa-apa yang ada di dunia ini dan lupa untuk bertawakkal kwpada-Nya.
Terkadang kita tidak menyadari akan hal ini. Akan tetapi ingatlah dengan apa yang akan terjadi ketika kita melakukan hal ini.
  
1. Bermegah-megahan telah melalaikan kamu
Bermegah-megahan disini memiliki arti dalam hal banyaknya anak, harta, pengikut, kemuliaan dan sebagainya yang telah melalaikan kita sebagai hamba-Nya dalam menjalankan ketaatan kita sebagai hamba-Nya. Allah S.W.T menginginkan jika hambanya tidak tersibukkan oleh dunianyadan terus bertawakkal kepada-Nya. Dan barang siapa yang tersibukkan oleh dunia dan dan lupa kepada-Nya, maka Allah S.W.T akan mengambil dunianya.
Mari kita ambil hikmah dari cerita nabi Ya`qub a.s Yng sangat mencintai sekali anaknya yang paling kecil, Yusuf a.s. Karena sangat besar sekali cintanya kepada Yusuf, sehingga hatinya dipenuhi oleh rasa cinta yang besar untuk yusuf seorang.
             
13. Berkata Ya’qub: “Sesungguhnya kepergian kamu bersama Yusuf Amat menyedihkanku dan aku khawatir kalau-kalau Dia dimakan serigala, sedang kamu lengah dari padanya.”

Hal inilah yang membuat Allah S.W.T cemburu kapadanya. Dan apa yang terjadi setelah itu? Allah S.W.T mengambil Yusuf dari Ya`qub dengan cara mengasingkannya selama hampir 20 tahun. Setelah itu nabi Ya`qub menyadari kesalahannya sehingga hatinya pun kembali dipenuhi oleh kecintaan kepada Allah S.W.T saja. Karena rasa cintanya kepada Allah S.W.T telah kembali, maka Allah S.W.T mengembalikan Yusuf kepadanya.
Lalu kita pasti telah mengetahui cerita nabi Ibrahima.s yang menyrmbelih anaknya Ismail a.s. Penyebabnya adalah karena nabi Ibrahim sangat tertarik kepada anaknya tersebut sehingga membuat Allah S.W.T cemburu. Kemudian Allah S.W.T  mengambil Ismail a.s darimya dengan memerintahkan kepadanya untuk menyembelih Ismail a.s  Nabi Ibrahim a.s pun melaksanakan apa yang Allah S.W.T perintahkan. Hal ini di dukung oleh anaknya yang menyuruhnya untuk melaksanakan apa yang Allah S.W.T perintahkan meskipun terasa berat sekali. Ketika pisau diletakkan dia atas lehernya,yang ada dalam hati Ibrahim a.s  hanyalah kecintaan kepada Allah S.W.T. Akhirnya Allah S.W.T mengganti Ismail a.s dengan seekor kambing.
Oleh karena itu marilah tingkatkan kecintaan dan ketakwaan kita sebagai hamba-Nya yang beriman. Dan janganlah sampai kita melalaikan dan melupakan-Nya dengan alasan apapun demi kebaikan kita di dunia dan di akhirat nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s