Just another WordPress.com site

Pendidikan di Kota Bandung

Ada ratusan sekolah negeri dan swasta di Bandung. Seperti di kota lain di Indonesia, Bandung memiliki beberapa negara didanai dan dikelola sekolah tinggi dan SMP, yang disebut Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP Negeri) dan Sekolah Tinggi Negara (SMA Negeri), masing-masing. Setidaknya enam belas universitas-tiga yang milik negara dan universitas-45 sekolah-sekolah profesional yang tersebar di seluruh kota. Pendidikan dari ilmu sosial, teknologi sampai pendidikan pariwisata dapat ditemukan di salah satu universitas.

Di antara beberapa universitas yang berlokasi di Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Pendidikan Indonesia (Universitas Pendidikan Indonesia), Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati ( Sunan Gunung Djati Universitas Islam Negeri), Institut Teknologi Telkom (Telkom Institute of Technology), Politeknik Negeri Bandung (Politeknik Negeri Bandung) dan Politeknik Manufaktur Bandung (Bandung Industri Politeknik) dianggap salah satu universitas terbaik di bidang masing-masing khusus di Indonesia. Didirikan tahun 1920, Institut Teknologi Bandung tertua dan paling bergengsi teknis universitas di Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia (dahulu IKIP Bandung, didirikan pada 1954) adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi pertama yang didirikan setelah kemerdekaan Indonesia dan saat ini menjadi pendidikan universitas terkemuka di negeri ini. Universitas Padjadjaran (didirikan tahun 1956) dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di negeri ini di bidang medis, hukum, komunikasi, dan studi ekonomi.

Universitas Padjadjaran

Institut Teknologi Bandung

Universitas Islam Bandung

Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Kristen Maranatha

Politeknik Negeri Bandung

Institut Teknologi Telkom

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

 

Universitas Pendidikan Indonesia

Di utara Bandung, Observatorium Bosscha merupakan observatorium satu-satunya di Indonesia. Pembangunan observatorium dimulai pada tahun 1923 dan selesai pada tahun 1928. Pada tahun 1922, publikasi internasional pertama dari Observatorium Bosscha diterbitkan dan pada tahun 1959, observatorium itu dimasukkan sebagai bagian dari departemen astronomi di Institut Teknologi Bandung (Institut Teknologi Bandung).

Bosscha-Observatory Lembang, Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s